Pengertian Modul Pembelajaran


         Menurut Suharjono (1995), modul merupakan materi yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembaca diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut, dengan tujuan sebagai bahan pembelajaran mandiri siswa. Sementara itu menurut Rusell dalam Suharjono (1995), modul merupakan suatu paket pembelajaran berkaitan dengan unit pelajaran (subject matter) terkecil memuat sebuah konsep tunggal. Menurut Mulyasa (2006) dalam Lutfia (2011:29) modul merupakan sarana atau media pemberi informasi dan petunjuk yang jelas yang harus dilakukan peserta didik, modul meerupakan pembelajaran individual, pengalaman belajar dalam modul disediakan untuk membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran selektif dan seefisien mungkin, materi disajikan secara logis dan sistematis,memiliki mekanisme untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa modul merupakan salah satu bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis, didalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik.

Sumber:
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru