Model pembelajaran problem solving
 adalah cara mengajar yang dilakukan dengan cara melatih para murid 
menghadapi berbagai masalah untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama
 – sama (Alipandie, 1984:105). Menurut N.Sudirman (1987:146) model 
pembelajaran problem solving adalah cara penyajian bahan pelajaran
 dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk 
dianalisis dan disintesis dalam usaha untuk mencari pemecahan atau 
jawabannya oleh siswa.

- Sirkulasi Model Pembelajaran Problem Solving
 
Sedangkan menurut Purwanto (1999:17) 
Problem solving adalah suatu proses dengan menggunakan strategi, cara, 
atau teknik tertentu untuk menghadapi situasi baru, agar keadaan 
tersebut dapat dilalui sesuai keinginan yang ditetapkan.Selain itu Zoler
 (Sutaji, 2002:17) menyatakan bahwa pengajaran dimulai dengan pertanyaan
 – pertanyaan yang mengarahkan kepada konsep, prinsip, dan hukum, 
kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memecahkan masalah disebut sebagai 
pengajaran yang menerapkan model pemecahan masalah.
Sedangkan menurut Gulo (2002:111) 
menyatakan bahwa problem solving adalah metode yang mengajarkan 
penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya 
suatu masalah secara menalar. Menurut Syaiful Bahri Djamara (2006 : 103)
 bahwa, Model pembelajaran problem solving (metode pemecahan masalah) 
bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode 
berfikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode lain yang
 dimulai dari mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.
Hidayati (2008), berpendapat bahwa model 
pembelajaran Problem Solving (metode pemecahan masalah) didasarkan pada 
kesadaran terhadap kenyataan, bahwa mengajar bukanlah sekedar berpidato 
dan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Tetapi, mengajar 
adalah untuk meneliti dengan seksama, mencari, menyelidiki, memikirkan, 
menganalisis, dan sampai menemukan.
Senada dengan pendapat diatas Sanjaya 
(2006:214) menyatakan pada metode pemecahan masalah, materi pelajaran 
tidak terbatas pada buku saja tetapi juga bersumber dari peristiwa – 
peristiwa tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Model 
Pembelajaran Problem Solving merupakan metode dalam kegiatan 
pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik 
masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau 
secara bersama.sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah. (Hamdani, 2011:84).
Crow dan Crow (Hamdani, 2011:84) 
menyatakan model pembelajaran pemecahan masalah / Problem Solving adalah
 suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari 
dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian 
tujuan pengajaran.
Metode Problem Solving menurut Suprijono 
(2012:46) ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan 
pembelajaran di kelas maupun tutorial. Sedangkan, Arends (Suprijono, 
2012:46) menyatakan model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan
 digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap
 dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan 
kelas.
Dengan demikian model pembelajaran problem solving adalah
 metode pembelajaran yang mengaktifkan dan melatih siswa untuk 
menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari pemecahan masalah atau 
solusi dari permasalahan itu.
Sumber:
https://tigisport.wordpress.com/tag/macam-macam-model-pembelajaran/ 
