Metode Pemebelajaran Jigsaw

Model pembelajaran kooperatif Jigsaw (gergaji ukir) menyerupai cara atau pola penggunaan sebuah gergaji, Model belajar jigsaw diartikan juga sebagai sebuah tipe pembelajaran kelompok. Dimana dalam kelompok tersebut siswa bertanggung jawab menguasai satu bagian materi.
Kemudian, dia berkewajiban mengajarkan materi tersebut kepada anggota kelompok lainnya sampai semua anggota memahami materi tersebut.
metode pembelajaran

Langkah-Langkah Pembelajaran Metode Jigsaw

1. Pengajar membagi materi menjadi beberapa sub bab/topik.
2. Bentuk beberapa kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 6 orang
3. Setiap siswa di dalam kelompok diberikan bagian materi berbeda satu dengan lainnya.
4. Anggota kelompok yang memiliki sub bab sama kemudian berkumpul bersama anggota kelompok lain (membentuk kelompok baru) yang juga memiliki pembahasan sama.
5. Dalam kelompok baru tersebut, siswa mendiskusikan materi sesuai dengan sub bab yang mereka dapat.
6. Setelah selesai mendiskusikan materi, kemudian siswa kembali ke dalam kelompok (awal) masing-masing dan secara bergantian mengajar teman di kelompok mengenai topik yang telah didiskusikan sebelumnya.
7. Masing-Masing kelompok ahli (kelompok baru) melakukan presentasi dari hasil diskusi sebelumnya.
8. Evaluasi dari guru
9. Penutup
Metode yang dikembangkan di Universitas Texas oleh Elliot Arronson (dkk) ini, sangat efektif apabila diterapkan pada sebuah materi ajar yang memiliki beberapa sub bagian dan tidak harus berurutan cara penyampainnya.
Dalam metode ini siswa memiliki tanggung jawab yang lebih besar daripada guru. Karena tugas guru dalam hal ini lebih banyak mengawasi dan melakukan evaluasi

Sumber :
http://belajarpsikologi.com/model-pembelajaran-kooperatif-jigsaw/