Komponen Dalam Pembelajaran



Menurut Djamarah dan Zain (2014: 41) bahwa komponen pembelajaran tersebut meliputi unsur-unsur manusiawi, materi pembelajaran, metode pembelajaran,  media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.
a.       Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen pertama yang harus diterapkan dalam proses pengajaran yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Tujuan ini pada dasarnya merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki peserta didik setelah menyelesaikan pengalaman dalam kegiatan belajar.
 b.      Siswa dan Guru
Pembelajaran pada hakikatnya yaitu suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan. Interaksi antara guru dengan siswa harus adil, yaitu dengan adanya komunikasi yang timbal balik diantara keduanya, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media.
c.       Bahan/Materi Pembelajaran
Bahan pelajaran merupakan pokok bahasan dan uraian dari ilmu pengetahuan yang terdapat dalam kurikulum yang harus disampaikan pendidik kepada  peserta didik pada waktu pembelajaran berlangsung untuk mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan.
d.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.
e.       Media Pembelajaran
Media pembelajaran didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga materi lebih cepat diterima peserta didik dengan utuh serta menarik minat peserta didik untuk belajar lebih lanjut.
f.      Evaluasi Pembelajaran 
    Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu obyek/subyek yang ditetapkan berdasarkan kriteria tertentu untuk mengukur, menilai, dan mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran dan tingkat keberhasilan belajar yang dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Sumber :
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.