Menurut Djamarah dan Zain (2014: 41)
bahwa komponen pembelajaran tersebut meliputi unsur-unsur manusiawi, materi
pembelajaran, metode pembelajaran, media
pembelajaran dan evaluasi pembelajaran yang berinteraksi untuk mencapai suatu
tujuan pembelajaran.
a. Tujuan
Pembelajaran
Tujuan
pembelajaran merupakan komponen pertama yang harus diterapkan dalam proses
pengajaran yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan pengajaran. Tujuan ini
pada dasarnya merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai
dan dimiliki peserta didik setelah menyelesaikan
pengalaman dalam kegiatan belajar.
b. Siswa
dan Guru
Pembelajaran pada hakikatnya
yaitu suatu proses interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam mencapai
tujuan yang telah ditentukan. Interaksi antara guru dengan siswa harus adil,
yaitu dengan adanya komunikasi yang timbal balik diantara keduanya, baik secara
langsung maupun tidak langsung melalui media.
c. Bahan/Materi
Pembelajaran
Bahan
pelajaran merupakan pokok bahasan dan uraian dari ilmu pengetahuan yang
terdapat dalam kurikulum yang harus disampaikan pendidik kepada peserta didik pada waktu pembelajaran
berlangsung untuk mencapai tujuan pengajaran yang ditetapkan.
d. Metode
Pembelajaran
Metode pembelajaran
merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam mengadakan hubungan dengan
siswa pada saat berlangsungnya pembelajaran untuk mencapai tujuan yang
ditetapkan.
e. Media
Pembelajaran
Media pembelajaran didefinisikan sebagai alat bantu
berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara
pendidik dan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran. Sehingga materi
lebih cepat diterima peserta didik dengan utuh serta menarik minat peserta
didik untuk belajar lebih lanjut.
f. Evaluasi
Pembelajaran
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan
penilaian terhadap suatu obyek/subyek yang ditetapkan berdasarkan kriteria
tertentu untuk mengukur, menilai, dan mengetahui sejauh mana tujuan
pembelajaran dan tingkat keberhasilan belajar yang dicapai oleh peserta didik
dalam proses pembelajaran.
Sumber :
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.