Kriteria Media Pembelajaran



Tentu saja dalam pembuatan media pembelajaran elektronik berbasis E-Learning kita perlu memperhatikan aspek – aspek yang harus ada dalam media tersebut, sehingga media yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat tercapai tujuan dari pembelajaran yang dibuat. Aspek – aspek tersebut antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Aspek Rekayasa Perangkat Lunak
1.    Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran.
2.    Reliable (handal).
3.    Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah).
4.    Usabilitas    (mudah            digunakan       dan      sederhana        dalam pengoperasiannya).
5.    Ketepatan   pemilihan         jenis     aplikasi/software/tool untuk pengembangan.
6.    Kompatibilitas (media pembelajarandapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software yang ada).
7.    Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi.
8.    Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), dan desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program).
9.    Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain).
b.      Aspek Desain Pembelajaran
1.      Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan dan realistis).
2.      Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum.
3.      Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran.
4.      Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran.
5.      Interaktivitas.
6.      Pemberian motivasi belajar.
7.      Kontekstualitas dan aktualitas.
8.      Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar.
9.      Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran.
10.  Kedalaman materi.
11.  Kemudahan untuk dipahami.
12.  Sistematis, runut dan alur logika jelas.
13.  Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, dan latihan.
14.  Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran.
15.  Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi.
16.  Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi.
c.       Aspek Komunikasi Visual
1.   Komunikatif: sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran.     
2.      Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan.
3.      Sederhana dan memikat.
4.      Audio (narasi, sound effect, backsound, dan musik).
5.      Visual (layout design, typography, dan warna).
6.      Media bergerak (animasi dan movie).
             7.    Layout Interactive (ikon navigasi).

Sumber :
Supriyadi, Rosyid. 2010. Media Pembelajaran Interaktif Perangkat lunak pengolah angka untuk kelas XI SMA Negeri 2 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta