Tentu saja dalam pembuatan media pembelajaran elektronik
berbasis E-Learning kita perlu memperhatikan aspek – aspek yang harus ada dalam
media tersebut, sehingga media yang dibuat dapat berjalan dengan baik dan dapat
tercapai tujuan dari pembelajaran yang dibuat. Aspek – aspek tersebut antara
lain adalah sebagai berikut :
a.
Aspek Rekayasa
Perangkat Lunak
1.
Efektif dan efisien
dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran.
2.
Reliable (handal).
3.
Maintainable (dapat
dipelihara/dikelola dengan mudah).
4.
Usabilitas (mudah digunakan
dan sederhana
dalam pengoperasiannya).
5.
Ketepatan pemilihan jenis
aplikasi/software/tool untuk pengembangan.
6.
Kompatibilitas
(media pembelajarandapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software
yang ada).
7.
Pemaketan program
media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi.
8.
Dokumentasi program
media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat,
lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), dan desain
program (jelas, menggambarkan alur kerja program).
9.
Reusable (sebagian
atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk
mengembangkan media pembelajaran lain).
b.
Aspek Desain
Pembelajaran
1.
Kejelasan tujuan
pembelajaran (rumusan dan realistis).
2.
Relevansi tujuan
pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum.
3.
Cakupan dan
kedalaman tujuan pembelajaran.
4.
Ketepatan
penggunaan strategi pembelajaran.
5.
Interaktivitas.
6.
Pemberian motivasi
belajar.
7.
Kontekstualitas dan
aktualitas.
8.
Kelengkapan dan
kualitas bahan bantuan belajar.
9.
Kesesuaian materi
dengan tujuan pembelajaran.
10. Kedalaman materi.
11. Kemudahan untuk dipahami.
12. Sistematis, runut dan alur logika jelas.
13. Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, dan
latihan.
14. Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran.
15. Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi.
16. Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi.
c.
Aspek Komunikasi
Visual
1. Komunikatif: sesuai
dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran.
2.
Kreatif dalam ide
berikut penuangan gagasan.
3.
Sederhana dan
memikat.
4.
Audio (narasi,
sound effect, backsound, dan musik).
5.
Visual (layout
design, typography, dan warna).
6.
Media bergerak
(animasi dan movie).
7. Layout Interactive (ikon navigasi).Sumber :
Supriyadi, Rosyid. 2010. Media Pembelajaran Interaktif Perangkat lunak pengolah angka untuk kelas XI SMA Negeri 2 Wates. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta