Ciri Umum Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan alat perantara antara pengirim pesan dan penerima, bila dalam pembelajaran maka alat pengantar informasi yang diberikan oleh guru kepada murid. media pembelajaran juga mempunyai ciri-ciri umum yaitu sebgai berikut.

  1. Media pendidikan memiliki pengertian fisik yang dewasa ini dikenal sebagai hardware (perangkat keras), yaitu sesuatu benda yang dapat dilihat, didengar, atau diraba dengan pancaindera.
  2. Media pendidikan memiliki pengertian nonfisik yang dikenal sebagai software (perangkat lunak), yaitu kandungan pesan yang terdapat dalam perangkat keras yang merupakan isi yang ingin disampaikan kepada peserta didik. 
  3. Penekanan media pendidikan terdapat pada visual dan audio. 
  4. Media pendidikan memiliki pengertian alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun di luar kelas. 
  5. Media pendidikan digunakan dalam rangka komunikasi dan interaksi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Media pendidikan dapat digunakan secara massal (misalnya: radio, televisi), kelompok besar dan kelompok kecil (misalnya: film, slide, video, OHP), atau perorangan (misalnya: modul, komputer, radio, tape/kaset, video recorder) (Arsyad:2013)
Sumber :


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.