Manfaat e-learning



Bates dan Wulf (dalam Wena, 2014: 214) mengemukakan manfaat pembelajaran elektronik ini yaitu (1) meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara siswa dengan guru (enhance interactivity), (2) memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and flexibility), (3) menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience), dan (4) mempermudah penyempurnaan dan penyampaian materi pembelajaran (easy updating of contents as well as archivable capabilities).
Pernyataan lain dikemukakan oleh Sudirman (2012) dalam Desinta (2013) mengenai kelebihan e-learning, diantaranya :
a)    Mempermudah interaksi antara siswa dengan bahan/ materi, siswa dengan guru maupun sesama siswa.
b)   Siswa dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang.
       c)  Guru dapat melakukan pembaharuan bahan-bahan belajar, mengembangkan diri untuk
            meningkatkan wawasannya, dan mengontrol kegiatan belajar siswa.

Sumber :

Effendi E, dan Hartono Zhuang. 2005. E-learning: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.