Sebuah tim dalam STAD (Student
Teams Achievment Division) merupakan sebuah kelompok terdiri dari empat atau
lima siswa yang mewakili heteroginitas kelas ditinjau dari kinerja, suku, dan jenis kelamin (Mohamad Nur, 2005:23). Menurut Mohamad Nur   (2005:20) STAD terdiri dari lima komponen utama yaitu presentasi kelas, kerja
tim,
kuis, skor perbaikan individu dan
penghargaan tim.
a.   Presentasi
Kelas
Presentasi ini paling
sering
menggunakan pengajaran langsung atau ceramah yang
dilakukan oleh guru
namun presentasi dapat meliputi presentasi audio-visual atau penemuan
 kelompok  (Mohamad
 Nur,  2005:20). Pada kegiatan ini siswa harus sungguh-sungguh memperhatikan presentasi kelas
karena dengan
begitu akan membantu
 mereka  mengerjakan
 kuis
 dengan  baik.  Dan
 skor
 kuis
 yang  mereka peroleh akan
menentukan skor
timnya.
b.    Kerja Tim
Dalam setiap kelompok
terdiri dari empat atau lima siswa 
 yang
heterogen berdasarkan
pretasi belajar,
jenis kelamin dan suku. Setelah guru mempresentasikan materi, 
tim  tersebut  berkumpul  untuk 
mempelajari  materi
 yang 
sudah  diberikan dengan menggunakan lembar kerja. Pada tahap kerja kelompok ini siswa
secara bersama mendiskusikan masalah dan membantu antar anggota
dalam kelompoknya.
Kerja tim yang paling sering dilakukan adalah membetulkan setiap kekeliruan atau miskonsepsi
apabila teman sesama tim
membuat kesalahan.
c.    Kuis
Sejauh 
 mana   keberhasilan   siswa  
dalam   belajar   dapat   diketahui 
 dengan
diadakannya kuis oleh guru mengenai materi yang dibahas. Dalam mengerjakan kuis ini
siswa harus bekerja secara individu sekalipun skor yang
ia peroleh nanti dapat digunakan untuk menentukan keberhasilan kelompoknya.  Kepada setiap individu, guru memberikan skor yang digunakan untuk menentukan skor bersama bagi setiap kelompok.
d.   Skor Perbaikan  Individu
Skor yang
diperoleh setiap anggota dalam kuis akan berkontribusi pada kelompok mereka, dan didasarkan pada
sejauh mana
skor mereka telah meningkat dibandingkan
dengan  skor  rata-rata
 awal
 yang  telah  mereka  capai
 sebelumnya  (Isjoni
 dkk, 2007:72). Berdasarkan skor awal setiap individu
ditentukan skor
peningkatan atau perkembangan. Rata-rata skor
peningkatan dari tiap individu dalam suatu kelompok akan digunakan untuk menentukan penghargaan
bagi kelompok yang berprestasi.
e.   Penghargaan Tim
Kelompok dapat memperoleh sertifikat atau penghargaan lain apabila skor rata-
rata yang
didapat melampaui kriteria tertentu. Penghargaan yang diperoleh
menunjukkan keberhasilan setiap kelompok dalam menjalin
kerjasama antar anggota kelompok.
 Penghargaan  kelompok
 dilakukan
 dengan
 memberikan
 penghargaan berupa sertifikat atau penghargaan lain atas usaha dan kerja keras yang dilakukan kelompok.
Menurut Mohamad Nur (2005:36)
ada tiga tingkat penghargaan yang diberikan berdasarkan
skor tim rata-rata. Ketiga tingkat
adalah sebagai berikut:
                        Tabel 2. Kriteria Penghargaan Kelompok
| 
   
Kriteria (rata-rata tim) 
 | 
  
   
Penghargaan 
 | 
 
| 
   
15 
 | 
  
   
TIM BAIK 
 | 
 
| 
   
20 
 | 
  
   
TIM HEBAT 
 | 
 
| 
   
25 
 | 
  
   
TIM
  SUPER 
 | 
 
