'AMK' di Finlandia

Image result for AMK finlandia



"Ammattikorkeakoulu" ("yrkeshögskola" dalam Bahasa Swedia, polytechnic atau university of applied sciences dalam Bahasa Inggris, sekolah tinggi ilmu terapan dalam Bahasa Indonesia), disingkat AMK, adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi vokasional di Finlandia.

Istilah ini secara harfiah berarti "sekolah tinggi pendidikan kejuruan". Meskipun Kementerian Pendidikan Finlandia merekomendasikan istilah bahasa Inggris "politeknik", namun Konferensi Rektor dari Universitas-universitas Finlandia bidang Ilmu Terapan telah memutuskan untuk menggunakan istilah "universitas ilmu terapan".

Tidak seperti universitas, AMK fokus pada penelitian dan pengembangan dengan menerapkan pengetahuan yang sudah ada sebelumnya, jadi tidak untuk menghasilkan penelitian baru. Mereka memiliki tujuan yang sangat jelas yang diatur dan dinyatakan dalam perencanaan pembangunan masing-masing daerah. Ada keterkaitan erat antara kebijakan pembangunan daerah dengan strategi pendidikan di tingkat institusi. AMK mewajibkan lima bulan pelatihan praktis untuk semua siswa. AMK menghasilkan lulusan profesional untuk kebutuhan lokal (diutamakan mengisi kebutuhan daerah masing-masing) dan dikelola oleh pemerintah kota, meskipun mereka menerima sebagian besar dana dari pemerintah pusat. Tidak ada biaya kuliah diminta dari siswa. Berikut contoh institusi ini yang bernama Arcada University of Applied Life di kota Helsinki.

Sampai saat ini, AMK yang hanya memberikan gelar perguruan tinggi (3-4 tahun) yang khusus untuk pekerjaan tertentu (misalnya "insinööri", diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sebagai Bachelor of Engineering atau Sarjana Teknik). Gelar ini berbeda dengan gelar yang diterima di universitas umum, namun memiliki tingkat yang sebanding.

Gelar dari AMK lebih berorientasi pada aplikasi praktis, sesuatu yang berbeda dibandingkan dengan gelar yang ditawarkan oleh Universitas di Finlandia. Seorang pemegang gelar AMK yang ingin mendapatkan gelar magister dari universitas Finlandia harus menyelesaikan 60 kredit pada materi teori dan studi ilmiah sebagai tambahan untuk persyaratan gelar Magister normal.

Pada tahun 2005, gelar AMK yang lebih tinggi mulai diperkenalkan (yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris sebagai Master atau gelar magister di Indonesia). Gelar ini bisa diperoleh bagi lulusan universitas atau AMK yang melanjutkan studi sambil bekerja. Parlemen Finlandia telah menyetujui pembuatan gelar AMK yang lebih tinggi, mirip dengan gelar magister di universitas. Gelar baru ini akan memberikan kualifikasi yang sama seperti gelar magister universitas di bidang pendidikan yang sama. Tapi calon mahasiswa lulusan AMK yang ingin masuk program ini harus memiliki minimum 3 tahun pengalaman kerja yang diperoleh setelah gelar tersier (setara sarjana S1).

Suatu program magister di AMK ideal untuk seseorang untuk persiapan mengambil peran manajerial dalam organisasi. Dibutuhkan 90 kredit dan studi dapat dilaksanakan sambil bekerja selama 2-4 tahun. AMK tidak memberikan gelar yang lebih tinggi dari itu sepeti gelar Ph.D. yang diberikan oleh universitas. Lulusan AMK juga tidak bisa melanjutkan studi doktoral di universitas.

Pendidikan tinggi Finlandia memiliki model ganda (dual model), dimana perguruan tinggi (yliopisto) fokus pada jenjang magister atau gelar yang lebih tinggi, sementara AMK fokus pada pendidikan sarjana kejuruan/vokasional dan pendidikan praktis. Ungkapan "sama tetapi berbeda" digunakan dalam hubungannya dengan model ganda, yang berarti bahwa AMK dan universitas mememiliki tujuan yang berbeda di bidang pendidikan tinggi dan tidak boleh/bisa digabungkan pada tingkat manapun.

Ada sekitar 100 ribu siswa belajar di AMK. Bidang yang paling banyak diminati adalah pendidikan teknik, dimana semua sekolah memberikan pelajaran fundamental dalam matematika dan fisika yang terkait dengan bidang studi yang dipilih. Sarjana Teknik dapat lulus setelah minimal empat tahun perkuliahan dan telah menyelesaikan 240 kredit. Gelar "insinööri" (AMK) atau "ingenjör" (YH) sering disetarakan dengan 'Sarjana Teknik' atau "Bachelor of Engineering" dari luar Finlandia. Bidang lain yang tersedia di AMK adalah kesehatan (keperawatan), bisnis, dan budaya.

Sumber :
http://sabdaniaga4edu.blogspot.co.id/2016/09/tugas-mata-kuliah-perencaan.html