Model pembelajaran problem solving
adalah cara mengajar yang dilakukan dengan cara melatih para murid
menghadapi berbagai masalah untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama
– sama (Alipandie, 1984:105). Menurut N.Sudirman (1987:146) model
pembelajaran problem solving adalah cara penyajian bahan pelajaran
dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk
dianalisis dan disintesis dalam usaha untuk mencari pemecahan atau
jawabannya oleh siswa.

- Sirkulasi Model Pembelajaran Problem Solving
Sedangkan menurut Purwanto (1999:17)
Problem solving adalah suatu proses dengan menggunakan strategi, cara,
atau teknik tertentu untuk menghadapi situasi baru, agar keadaan
tersebut dapat dilalui sesuai keinginan yang ditetapkan.Selain itu Zoler
(Sutaji, 2002:17) menyatakan bahwa pengajaran dimulai dengan pertanyaan
– pertanyaan yang mengarahkan kepada konsep, prinsip, dan hukum,
kemudian dilanjutkan dengan kegiatan memecahkan masalah disebut sebagai
pengajaran yang menerapkan model pemecahan masalah.
Sedangkan menurut Gulo (2002:111)
menyatakan bahwa problem solving adalah metode yang mengajarkan
penyelesaian masalah dengan memberikan penekanan pada terselesaikannya
suatu masalah secara menalar. Menurut Syaiful Bahri Djamara (2006 : 103)
bahwa, Model pembelajaran problem solving (metode pemecahan masalah)
bukan hanya sekedar metode mengajar tetapi juga merupakan suatu metode
berfikir, sebab dalam problem solving dapat menggunakan metode lain yang
dimulai dari mencari data sampai kepada menarik kesimpulan.
Hidayati (2008), berpendapat bahwa model
pembelajaran Problem Solving (metode pemecahan masalah) didasarkan pada
kesadaran terhadap kenyataan, bahwa mengajar bukanlah sekedar berpidato
dan mengkomunikasikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Tetapi, mengajar
adalah untuk meneliti dengan seksama, mencari, menyelidiki, memikirkan,
menganalisis, dan sampai menemukan.
Senada dengan pendapat diatas Sanjaya
(2006:214) menyatakan pada metode pemecahan masalah, materi pelajaran
tidak terbatas pada buku saja tetapi juga bersumber dari peristiwa –
peristiwa tertentu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Model
Pembelajaran Problem Solving merupakan metode dalam kegiatan
pembelajaran dengan melatih siswa menghadapi berbagai masalah, baik
masalah pribadi maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau
secara bersama.sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah. (Hamdani, 2011:84).
Crow dan Crow (Hamdani, 2011:84)
menyatakan model pembelajaran pemecahan masalah / Problem Solving adalah
suatu cara menyajikan pelajaran dengan mendorong siswa untuk mencari
dan memecahkan suatu masalah atau persoalan dalam rangka pencapaian
tujuan pengajaran.
Metode Problem Solving menurut Suprijono
(2012:46) ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan
pembelajaran di kelas maupun tutorial. Sedangkan, Arends (Suprijono,
2012:46) menyatakan model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan
digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap
dalam kegiatan pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan
kelas.
Dengan demikian model pembelajaran problem solving adalah
metode pembelajaran yang mengaktifkan dan melatih siswa untuk
menghadapi berbagai masalah dan dapat mencari pemecahan masalah atau
solusi dari permasalahan itu.
Sumber:
https://tigisport.wordpress.com/tag/macam-macam-model-pembelajaran/